Selatan Metal Sumatera

Teks Oleh Taxlan
Photo Cover oleh Reza Davista ( IG : @davistahammer )

Tak bisa dipungkiri, skena Metal sangat besar di Indonesia, fakta ini tentu terbangun dari sejarah yang tak pendek dan tak sederhana, dalam liga musik bawah tanah, Metal punya jalannya sendiri yang mungkin sedikit berbeda. Tapi secara penyebaran dan perluasan, metal merasuk pada hampir setiap kota dan daerah di Indonesia, secara merata dan konsisten.

Termasuk daerah-daerah di Sumatera Bagian Selatan, dari Palembang, Bengkulu, Linggau, sampai Lahat. Sebelum diterpa badai percepatan zaman seperti sekarang, seperti yang disebut diawal, scene ini berakselarasi dengan caranya sendiri dengan  begitu gila. Apalagi seperti sekarang, apalagi jika didorong lagi dengan semakin mudahnya akses atas apapun, dari informasi, equipment, produksi dan banyak lainnya. Berbagai band dan daerah tentu punya kesempatan yang sama selama memang bisa memanfaatkan penuh apa yang mereka punya dan apa yang mereka bisa bentuk serta bangun.

Ditambah lagi dengan peleburan budaya sekarang; dikotomi mainstream dan sidestream, bawah tanah dan populer, atau apapun itu tak lagi benar-benar relevan, ato malah (berlebihannya) sudah kepalang usang & punah. Dengan dibebaskannya semua orang atas berbagai pilihan, akhirnya kesemuanya hanya jadi pilihan dari pilihan yang ada. Tinggal akhirnya bagaimana masing-masing dari itu semua bisa saling menemukan dan terhubung.

Berikut adalah band-band metal di Sumatera Selatan (di Luar Palembang) yang merilis video klip dan single terbaru circa 2020-2021. Satu dari ketiga ini malah kami mendapat kabar lebih awal jika mereka akan merilis album tahun ini. Kita tentu senang menunggu.

Kill The Fear (Indralaya)

Reiin (Lahat)

Algea (Lahat)

CrazyKids (Lubuk Linggau)

Satu pemikiran pada “Selatan Metal Sumatera

Tinggalkan komentar